Sebenarnya bukan untuk di publish

Baiklah. Yang bisa aku lakukan sekarang adalah menulis.
Untuk make money aku dihadapkan pada 2 dikotomi : melanjutkan freelance atau bekerja pada orag lain.

Yang jelas, saat ini aku masih freelance. Dibutuhkan sebuah kebulatan tekad untuk menjalankan pekerjaan ini karena tidak ada pengawasan dan aturan.

Tidak terasa aku sudah 5 tahun bekerja sendiri. Aku pernah berada di puncak hingga mampu beli mobil. Tapi sekarang tidak punya apa-apa.

Aku juga mengerjakan beberapa metode agar pekerjaanku bisa lebih efektif. Salah satu favoritku adalah pomodoro.

Baik. Ini yang akan aku lakukan sekarang.

Keahlian yang kupunya selain mendesain rumah adalah menulis. Aku memang punya beberapa rencana besar seperti Amazon dan Adsense, tetapi hasil dari dua program itu belum bisa aku nikmati sekarang. Aku harus menemukan the fastest making money way agar dapur tetap ngebul.

Aku bisa menulis dan seharusnya aku bisa menghasilkan uang dari menulis. Jika saat ini anakku tidak bisa beli jajan atau belum membayar uang sekolah maka itu sepenuhnya kesalahanku.

Ada peluang dari dunia kepenulisan. Meskipun uangnya tidak banyak tetapi seharusnya aku bisa memanfaatkan itu.

Setidaknya aku harus bisa mencapai suatu titik dimana aku bisa memperoleh uang setiap harinya dari kemampuan menulisku.

Jangan pelit dan berpikiran terbatas. Hindari pemikiran bahwa kamu akan merugi karena orang lain bisa mendapatkan manfaat dari tulisanmu yang dibayar murah itu.

Menulis adalah bentuk ekspresi yang seharusnya bisa tertumpah ruang secara melimpah setiap hari. Kamu hanya perlu memikirkan suatu hal, menyusunnya menjadi kalimat lalu menuiliskannya. Sesederhana itu.

It’s about practice. Semakin kamu sering praktek maka kebiasaan menulis ini akan muncul begitu saja. Kamu hanya perlu memperbanyak transformasi pemikiran menjadi tulisan. Semakin banyak kamu memikirkan sesuatu maka iringi pulalah dengan semakin bamyak kamu menulis. Lalu ketika kamu hendak making money tinggal geser paradigma dari menulis apa yang kamu inginkan menjadi menulis apa yang ingin dibaca orang.

I got it!

Pada prinsipnya, how to make money adalah ketika ada orang lain yang rela memberikan uangnya kepadamu karena kamu telah memberi value pada mereka. Jadi sekarang jika dunia tulis-menuls adalah ladangmu maka rubahlah aturannya : Tulislah segala sesuatu yang dibutuhkan orang lain!

Ada 2 manfaat besar dari menuliskan hal-hal yang dibutuhkan orang lain :
1. Kamu jadi lebih mengasihi mereka karena mengerti kebutuhan mereka dan berbuat suatu hal untuk mereka. Ini hal yang bagus untuk dilakukan. Tuhan menginginkan hal ini.
2. Kamu bisa dapat uang dari mereka. Ini suatu hal yang bagus karena dalam hidup kamu memang harus bekerja.

Jadi, I got the insight now!
Dengan cara menulis lah aku akan mendapatkan uang. Ada ceruk pasar untuk pekerjaan ini. Ada orang yang membutuhkan tulisan-tulisan ini dan mereka mau membayarnya. Aku hanya perlu masuk ke dalam sistem perekonomian ini dan menjadi bagian didalamnya.

Kita tidak perlu merasa aneh karena menghasilkan hal-hal yang sepertinya tidak bisa dinkmati langsung oleh orang seperti makanan, pakaian, obat dll. Tetap perlu kamu ketahui bahwa budaya manusia tidak bisa terlepas dari tulisan. Sistem perekonomian yang terus bergulir juga membutuhkan hal ini, minimal untuk kepentingan marketing. Dan kini ada internet yang memungkinkan sistem ini lebih mudah dilakukan.

Aku pernah punya impian menjadi seorang penulis ketika kecil dulu.  aku bahkan pernah berpikir untuk membuat majalahku sendiri dengan mengkliping gambar-gambar. Sekarang dengan keberadaan internet semua hal itu menjadi sangat mungkin dilakukan.

Thanks God, aku mengerti sekarang. Aku percaya bahwa aku sudah Engkau berkati. Amien.

Leave a comment